Sunday 30 November 2014

CIRI-CIRI Keluarga sakinah




1.Umat zaman sekarang berpendapat bahawa keluarga sakinah adalah keluarga yang tidak ada masalah dalam kekeluargaannya. Tidak pernah cek cok, keluarga sehat semua, fasilitas keluarga terpenuhi.

2. Bukan hanya itu saja tetapi harus ada di dalam keluarga sakinah satu hati dan kasih sayang dan juga satu tujuan yaitu sama-sama ingin ke surga.

3.Dalam satu keluarga harus kompak/ sejalan, cara pandang yang sama. Kalau cara pandangnya berbeda maka tidak akan bisa sama-sama masuk surga.
sebagai contoh kisah Nabi Ibrahim as.  kisah ini sangat luar biasa menurut saya.
waktu itu Nabi Ibrahim lama tidak mempunyai putra, Nabi pun tak pantang menyarah untuk selalu berdoa memohon kepada Allah supaya di beriketurunan.
akhirnya doanya di kabulkan dengan di beri putra yaitu Nabi Ismail melalui siti hajar istri kedua Nabi Ibrahim.
baru saja putranya lahir Nabi Ibrahim mendapat printah supaya keluarganya dibawa pergi dengan menaiki unta lantas suruh meninggalkan keluarganya dimana unta itu mendekam. ketika melewati perkampungan Nabi berharap untanya mendekam ternyata belom mendekam, ketika melewati kebun yang sungainya mengalir Nabi juga berharap untanya mendekam ternyata tidak juga. sampailah di tanah padang pasir Nabi berharap untanya tidak mendekam ternyata malah mendekam dan perintahnya suruh meninggalkan keluarganya. dengan hati yang berat Nabi berangkat meninggalkan keluarganya. dengan hati yang gelisah sang Nabipun pergi melaksanakan tugas yang sangat mulia yaitu untuk mendakwahkan agama. Siti hajar merasa berat juga karena di tinggal sang suami sedangkan di sekitarnya tidak ada tanda tanda asbab untuk hidup.
Siti hajar bertanya kepada Nabi hendak kemana engkau wahai suamiku?.
Nabi ibrahim diam saja dan tetap melanjutkan berjalan.
siti hajar mengulangi lagi pertanyaannya tapi Nabi tetap tidak menjawab.
siti hajar bertanya sekali lagi dengan pertanyaan yang berbeda. wahai suamiku apakah engkau meninggalkan kami karena perintah Allah?.
Nabi Ibrahim baru menoleh dengan berkata benar semua ini karena perintah Allah.
siti hajar berkata kalau begitu Allah tidak akan menyia-nyiakan kami.
Ini contoh suami istri yang cara pandangnya sama.
walaupun keadaannya susah, perbekalan habis siti hajar tetap takbah menghadapi ujian. siti hajar rela lari lari untuk mencari asbab hidup ketika melihat fatamorgana sampai 7× sofa marwa bolak balik. sampai akhirnya Allah berimukjizat dengan di datangkan air zamzam. setelah sekian lama pergi dakwah kira-kira 13 tahun akhirnya pulang dan anaknya sudah dapat di ajak untuk berfikir(dewasa).
datanglah perintah berikutnya dari Allah azawajala lewat mimpi beliau.
supaya putranya di sembelih.
Sebelum di laksanakan tugasnya maka Nabi Ibrohim mengajak berfikir putranya.
Nabi Ibrahim bertanya kepada Nabi Ismail prihal perintah yang di terimanya.
Nak Abi(ayah) bermimpi menyembelih kamu, bagaimana menurut kamu nak?
Nabi Ismail berkata apakah ini perintah Allah? (pertanyaan yang sama seperti ketika siti hajar di tinggal nabi Ibrahim).
Nabi Ibrahim menjawab benar ini semua perintah Allah.
Nabi Ismail berkata lakukalah wahai Abi insyaAllah aku termasuk orang yang sabar.
sungguh putra yang luar biasa ketaatannya.
siapa yang menjadikan Nabi Ismail seperti ini?
inilah didikan seseorang yang solihah menjadikan anaknya sholeh.
semua pengorbanan keluarga ini menjadi sariat untuk kita.
ketika siti hajar lari-lari mencari air dari sofa ke marwa, saat ini di jadikan sa'i di dalam ibadah haji kalu tidak sa'i maka hajinya tidak sah. inilah penghargaan untuk siti hajar karena telah rela berkorban di tinggal suaminya untuk mendakwahkan agama. begitu juga dengan di sembelihnya Nabi Ismail di jadikan sariat kurban dan lain sebagainya.
keluaraga yang rela di tinggal dakwah akan menjadi sholeh dan  sholihah.
contoh keluarga yang berbeda cara pandangnya. yang satu cara pandang agama yang dua cara pandang dunia.
Nabi Nuh mendapat perintah supaya mendakwahkan agama dari Allah azawajala.
Nabi Nuh mendakwahkan agama selama 950 tahun. baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan baik siang maupun malam dan mendapat jemaat ±84 orang.
Nabi Nuh tidak mendapatkan dukungan dari keluarga sebagaimana Nabi Ibrahim.
bahkan Nabi Nuh mendapat tentangan dari keluarganya sendiri istri dan anaknya tidak mau mengikuti ajakan Nabi Nuh supaya masuk islam.
setelah sampai titik puncak dalam berdakwah Nabi Nuh melaporkan usahanya kepada Allah.
kemudian Allah perintahkan supaya Nabi Nuh membuat kapal dan memasukan binatang berpasang-pasang.
setelah selesai usaha Nabi Nuh maka Allah datangkan adzab kepada orang-orang yang menolak untuk masuk islam yaitu dengan air yang sangat deras selama 40hari 40malam.
semua orang yang belum masuk islam menghina Nabi Nuh. dia berkata Nabi Nuh telah gila karena membuat kapal yang tidak ada air di kala itu.
bahkan anak dan istrinya tidak mau naik ke kapal. anaknya di panggil supaya masuk tetapi menolak anaknya yang bernama kan'an berkata "aku tidak mau ikut ayah aku akan berlindung di bukit yang tinggi."
sampai gelombang yang tinggi memisahkan keduannya.
kemudian Nabi Nuh berdoa kepada Allah supaya anaknya di selamatkan,  tetapi Allah berfirman dia bukan keluargamu, dia yang termasuk orang orang yang di azab.
kasih sayang seorang ayah yang mengingikan keselamatan keluarganya tetapi keluarganya menolak keselamatan dan menginginkan kesusahan di dunia yang sementara sampai akherat yang selama-lamanya.
keluarga Nabi Nuh selalu di tunggui Nabi Nuh karena beliau di tugaskan untuk mendakwahkan agama islam hanya pada kaumnya saja.
sedangkan keluarga Nabi Ibrahim di tinggal dengan sekian lamanya dan keluarganya menjadi sholeh dan sholihah.
apakah Nabi Nuh gagal?  "tidak".
semua Nabi sukses, karena semua Nabi telah menjalankan perintah Allah yaitu untuk mendakwahkan agama yang hak di muka bumi ini.
akhirnya mari kita sama-sama memohon kepada Allah agar selalu mencurahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita aamiin…
suratno al ratnondhol.

No comments:

Post a Comment