Saturday 19 December 2015

KISAH ABDULLAH BIN MASUD BERSAMA ISTRINYA R.A (JIMAT DAN AZIMAT SERTA SIHIR ADALAH SYIRIK)

Imam Ahmad mengeluarkan hadits dari Zainab r.ha, istri Abdullah bin mas'ud r.a, katanya; Dulu Abdullah bin Mas'ud r.a ketika datang hajat, dia pergi ke pintu lalu membuang riak dan meludah, karena dia benci, apabila ada orang yang masuk tanpa izin dengan membawa sesuatu yang di bencinya.

    Aku berkata, "Sesungguhnya telah datang suatu hari hajat".

    Lalu dia berdehem lalu meludah, sedang di dekatku ada seorang yang lemah yang terkena penyakit panas, lalu aku masukkan dia ke bawah tempat tidur.

    Kemudian datang dan duduk di sampingku, lalu dia melihat di leherku teruntai kalung (sejenis jimat), dia bertanya, "Kalung apa ini?"

    Aku menjawab, "Kalung untuk melindungiku (untuk jimat) ".

    Maka Abdullah bin mas'ud r.a mengambil dan memutusnya, lalu dia berkata, "Sesungguhnya keluarga Abdullah tidak butuh pada kesyirikan, aku mendengar Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya jimat dan azimat dan sihir adalah syirik".

    Aku berkata kepadanya, "Mengapa mengatakan seperti itu, sesungguhnya kedua mataku sakit lalu aku datang kepada seorang yahudi, kemudian dia memberiku jimat ini supaya mataku sembuh".

    Ibnu Mas'ud r.a berkata, "Karena sesungguhnya itu dari syetan,  dia menancapkan tangannya, maka ketika jimat itu di kalungkan maka akan sembuh matanya. Sesungguhnya akan mencukupi bagimu sesuatu yang aku ucapkan sebagaimana Rasulullah saw mengucapkan, Pergilah penyakit ini kepada Rabbnya manusia, sembuhkanlah..! Sesungguhnya Engkau Dzat yang memberi sembuh, tidak ada yang menyembuhkan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak mendatangkan penyakit lagi".

    Sebagaimana di dalam kitab Ibnu Kasir juz 2 halaman 494.

No comments:

Post a Comment