Sunday 31 January 2016

PERKATAAN NABI SAW KEPADA SUWAID BIN HARIS DAN SAHABATNYA R.A, "SIAPA KALIAN?" DAN JAWABAN MEREKA

Telah di kemukakan sebelumnya dalam bab "Dakwah kepada Allah dan Rasul-Nya" hadits dari Suwaid bin Haris r.a, katanya; Aku adalah utusan ketujuh dari tujuh orang kaumku untuk menghadap Rasulullah saw. Maka ketika kami memasuki ruangan beliau, kami pun berbincang-bincang dengan beliau saw. Kemudian beliau merasa heran dengan bagus dan bentuknya perhiasan kami. Maka beliau bersabda, "Siapa kalian?"

    Kami menjawab, "Orang mukmin".

    Maka Rasulullah saw tersenyum dan bersabda, "Sesungguhnya setiap pernaytaan ada hakikatnya. Apa hakikat dari perkataan dan iman kalian?".

    Suwaid r.a menjawab, "Lima belas macam yang engkau perintahkan kami kami untuk beriman kepadanya; lima belas macam yang engkau perintahkan kami untuk mengamalkannya; dan lima belas macam akhlak kami yang telah kami miliki pada zaman jahiliyah yang kami masih berpegang kepadanya kecuali jika engkau membenci darinya".

    Lalu dia menyebut hadits dalam Iman kepada Allah dan Malaikat-Nya; kitab-Nya; Rasul-Nya; takdir baik maupun buruk dan rukun islam serta akhlak yang bagus.

No comments:

Post a Comment