Friday 8 January 2016

ALA' BIN KHADRAMI MENYEBRANGI LAUTAN DENGAN KAUM MUSLIMIN

Abu Nuiam mengeluarkan hadits dalam kitab Hilyah juz 1 halaman 7 dari Sahmi bin Minjab r.a, katanya; Kami berperang bersama Ala' bin Khadhrami r.a lalu kami berjalan, sehingga kami sampai di suatu daerah yang terpisahkan oleh lautan yang luas.

    Dia berkata, "Wahai Dzat yang Maha Mengetahui..! Wahai Dzat Yang Maha Santun..! Wahai Dzat Yang Maha Tinggi..! Wahai Dzat Yang Maha Besar..! Sesungguhnya kami hamba Engkau, dan di dalam jalan Engkau kami berperang melawan musuh Engkau, yaa Allah jadikanlah untuk kami jalan".

    Lalu kami pun menyebrangi lautan tapi tidak satu tetes air pun membasahi telapak kaki kuda kami, akhirnya kami bisa mendatangi mereka.

    Dikeluarkan juga dari Abu Hurairah r.a dengan semisalnya, dengan tambahan; Maka ketika itu aku melihat Ibnu Muka'bir, dia adalah pekerja kota Kisra.

    Dia berkata aku duduk di atas kapal lalu kami sampai ke kota Faris.
Abu Nuaim mengeluarkan jugadalam kitab Dalail halaman 208 dari Abu Hurairah r.a dan Imam Thabarani darinya; dan Ibnu Abi Dunya dari sahmi bin Minjab dan Baihaqi dari Abu Hurairah r.a sebagaimana akan datang hadits-hadits mereka di dalam Taskhiril Bihar.

    Dan akan datang hadits mengenai kubur Said bin Abi Waqas r.a di sungai Dajlah pada hari Qadusiah. Di dalamnya ada perkataan Hujri bin Adiyi r.a "Apa yang mencegahmu untuk mengambil i'tibar kepada mereka (musuh) kecuali sungai kecil ini (Dajlah) ;

    "Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah di tentukan waktunya….. " (Qs. Ali Imran; 145).

    Lalu dia menyebrangi dengan kudanya, maka ketika mereka menyebrangi, dan musuh melihatnya, lalu mereka berkata, "Telah datang jin Ifrit ". Kemudian mereka melarikan diri.

    Ibnu Abi Khatim mengeluarkan juga dari Habib bin Sahban

No comments:

Post a Comment